Kampung Inggris Transmigrasi Disiapkan Dukung Wisata Kalsel

Bookmark and Share


Jakarta (Antara) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan pembentukan "Kampung Inggris" di kawasan transmigrasi Kota Terpadu Mandiri Cahaya Baru, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, bertujuan mendukung pariwisata daerah tersebut.

Selain itu, kata Menakertrans di Jakarta, Selasa, Kampung Inggris itu juga untuk meningkatkan kemampuan warga transmigran.

"Kemampuan bahasa Inggris dan penerapan teknologi produksi terutama bidang pertanian akan memudahkan perkembangan usaha perekonomian serta mampu mengundang investor dalam dan luar negeri untuk menanamkan modalnya di kawasan transmigrasi," kata Muhaimin.

Lebih jauh, kata Muhaimin, kawasan KTM Cahaya Baru Kecamatan Mandastana yang mempunyai produk unggulan padi dan jeruk itu diharapkan dapat lebih berkembang dengan potensi pemasaran sampai keluar negeri.

"Bahkan ke depan dapat dipromosikan pula sebagai kawasan Agrowisata dan di sinergikan dengan Kampung Inggris yang siap berinteraksi menerima wisatawan termasuk wisatawan asing," kata Muhaimin.

Peresmian Kampung Inggris di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana, Kalimantan Selatan tersebut dilakukan oleh Sekjen Kemnakertrans Muchtar Luthfie di Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Selasa.

Pendirian kampung Inggris di kawasan transmigrasi itu mengadopsi konsep Kampung Pare di Kediri, Jawa Timur yang semua penduduknya mahir berbahasa Inggris.

Kampung Inggris di Kalimantan Selatan itu merupakan "pilot project" yang selanjutnya akan diikuti di kawasan-kawasan transmigrasi Lainnya.

"Konsep pendirian kampung Inggris di lokasi-lokasi transmigrasi ini dilakukan sebagai terobosan untuk meningkatkan kualitas SDM para transmigran dan masyarakat sekitar agar agar dapat belajar dan mahir berbahasa Inggris," kata Muhaimin.

Pembangunan Kampung Inggris itu juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Barito Kuala antara lain melalui dukungan dana Tugas Pembantuan Kabupaten Barito Kuala tahun 2013 dimana telah diberangkatkan 10 orang Tutor asal Karang Indah untuk mendalami bahasa Inggris di Pare Kediri Jawa Timur selama 6 bulan dan direncanakan akan diberangkatkan lagi 10 orang tutor pada tahun 2014.

Dengan kemampuan berbahasa Inggris, diharapkan para transmigran bisa menambah kemampuan menguasai informasi, komunikasi dan transportasi selain juga perkembangan teknologi produksi pertanian untuk meningkatkan usaha ekonomi masyarakat.

Muhaimin memaparkan pelatihan bahasa Inggris di lokasi transmigrasi itu akan memberi beberapa keuntungan yaitu menyediakan SDM handal di kawasan transmigrasi, menciptakan wirasaha baru di bidang jasa pelatihan, mengundang kedatangan penduduk yang bergerak di bidang jasa pelayanan serta menunjang pencapaian tujuan transmigrasi.

Kawasan Cahaya Baru memiliki luas kawasan sebesar 52.150 Hektaryang meliputi 6 kecamatan dan 47 desa dan jumlah penduduk di kawasan tersebut berjumlah 12.203 KK atau 45.063 jiwa.

Mata pencaharian penduduk bergerak di sektor pertanian, sektor industri pengolahan dan sebagian kecil bergerak di sektor peternakan. (ar)


http://id.berita.yahoo.com/kampung-inggris-transmigrasi-disiapkan-dukung-wisata-kalsel-161057830.html



{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment